MAKALAH
LANGKAH-LANGKAH
PTK :
(Rencana dan
Pelaksanaan PTK & Pengumpulan dan Analisis Data)
Diajukan untuk Memenuhi Tugas
Mata Kuliah : Sistem Evaluasi Pembelajaran PAI
Dosen : Yessi Mumtazah
El-Dziesyah, M. Pd.I
Disusun
Oleh Kel. 3 :
1.
Siti
Ruchamah
2.
Asrori
3.
Hamid
4.
Afifah
5.
A.
Bashir
Jurusan : Tarbiyah
Semester : VI (
Enam )
S
T A I M A
(
Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly )
Jl.
KH. Masduqie Aly Kasab Babakan Ciwaringin Cirebon
KATA PENGANTAR
Bissmillahirohmanirrohim...
Alhamdulillah Puji syukur kepada allah SWT yang
telah memberikan kesempatan dan kesehatan dalam menyelesaikan tugas ini. Makalah
ini di susun berdasarkan panduan dan bimbingan dosen yang terkait, yang
di dalamnya membahas mengenai “Langkah-Langkah PTK : (Rencana dan Pelaksanaan PTK
& Pengumpulan dan Analisis Data)” dan hal-hal yang masih terkait dengan materi.
Penyusun berterima kasih kepada semua pihak terkait
terutama dosen pembimbing yang sekaligus sebagai dosen pemberi materi yang
telah berperan penting dalam penyusunan tugas ini. Makalah ini merupakan kajian
bagi mahasiswa dengan program pembahasan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mengenai
“Langkah-Langkah PTK : (Rencana dan Pelaksanaan PTK & Pengumpulan dan Analisis Data)” Dalam
kajiannya mahasiswa di harapkan mampu memahami dan menguasai materi ini.
Dalam penyusunan Makalah ini masih jauh
dari kesempurnaan, sehingga masih perlu adanya penyempurnaan. Oleh karena itu, penyusun sangat mengharapkan keritik dan saran dari yang membangun dari
berbagai pihak seperti dosen selaku pembimbngin agar menjadi lebih baik.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ...................................................................................................... i
DAFTAR ISI ................................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang ....................................................................................... 1
B.
Rumusan Masalah ................................................................................... 1
C.
Tujuan ..................................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN
A.
Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) ........................................... 2
B.
Rencana Pelaksanaan Ptk ....................................................................... 3
C.
Pengumpulan Dan Anaisis Data ............................................................. 4
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan ............................................................................................ 7
B.
Saran ....................................................................................................... 7
DAFTAR PUSTAKA .............................................................................................. ....... 8
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dalam bidang pendidikan, khususnya kegiatan pembelajaran, berkembang sebagai
suatu penelitian terapan. PTK sangat bermanfaat bagi tenaga pendidik (guru)
untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran di kelas.
Dengan melaksanakan tahapan PTK guru dapat menemukan solusi dari masalah yang
timbul di kelasnya sendiri, bukan kelas orang lain, dengan menerapkan berbagai
ragam teori dan teknik pembelajaran yang relevan secara kreatif.
Masalah proses pembelajaran di kelas
dapat dicari solusi atau jalan keluar melalui Penelitian Tindakan Kelas sebagai
upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran,
sehingga proses pembelajaran di kelas berlangsung kreatif, inovatif dan hasil
belajar dapat diwujudkan secara ilmiah yaitu, rasional, sistematis dan empiris.
Agar Penelitian Tindakan Kelas dapat dilaksanakan dengan baik, tentu saja kita
perlu menyamakan persepsi apa saja karakteristik, langkah-langkah dan prosedur
yang dimiliki PTK karena penelitian tindakan kelas ini memiliki karakteristik
yang relative agak berbeda jika dibandingkan dengan jenis penelitian yang lain,
misalnya penelitian eksperimen, survey, analisis isi dan sebagainya.
B. Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah
diatas maka secara garis besar masalah yang di angkat didalam makalah ini dapat
dirumuskan sebagai berikut:
- Apa pengertian dari Penelitian Tindakan Kelas
(PTK).
- Bagaimana Rencana dan Pelaksanaan dalam melakukan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK)?
- Bagaimana Pengumpulan dan Analisis Penelitian
Tindakan Kelas (PTK)?
C. Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah diatas, Makalah
ini bertujuan untuk:
- Memahami Pengertian Penelitian Tindakan Kelas
(PTK).
- Mengetahui Rencana dan Pelaksanaan dalam
melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
- Mengetahui Cara Pengumpulan dan Analisis
Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Penelitian
Tindakan Kelas (PTK)
Pada awalnya penelitian tindakan menjadi salah satu
model penelitian yang dilakukan pada bidang pekerjaan tertentu dimana peneliti
melakukan pekerjaannya, baik di bidang pendidikan, kesehatan maupun pengelolaan
sumber daya manusia. Salah satu contoh pekerjaan utama dalam bidang pendidikan
adalah mengajar di kelas, menangani bimbingan dan konseling, dan mengelola
sekolah. Dengan demikian yang menjadi subyek penelitian adalah situasi di
kelas, individu siswa atau di sekolah. Para guru atau kepala sekolah dapat
melakukan kegiatan penelitiannya tanpa harus pergi ke tempat lain seperti para
peneliti konvensional pada umumnya.
Secara lebih luas penelitian tindakan diartikan
sebagai penelitian yang berorientasi pada penerapan tindakan dengan tujuan
peningkatan mutu atau pemecahan masalah pada sekelompok subyek yang diteliti
dan mengamati tingkat keberhasilan atau akibat tindakannya, untuk kemudian
diberikan tindakan lanjutan yang bersifat penyempurnaan tindakan atau
penyesuaian dengan kondisi dan situasi sehingga diperoleh hasil yang lebih
baik.
Menurut Arikunto (2008 :2 ), istilah dalam bahasa
inggris dalah Classroom Action Research (CAR). Dari namanya sudah
menunjukkkan isi yang terkandung di dalamnya, yaitu sebuah kegiatan penelitian
yang di lakukan di kelas. Di karenakan ada tiga kata yang membentuk pengertian
tersebut, maka ada tiga pengertian yang dapat di terangkan.
- Penelitian
yaitu menunjuk pada suatu kegiatan mencermati suatu objek dengan
menggunakan cara dan aturan metodologi tertentu untuk memperoleh data
atauinformasi yang bermanfaat dalam meningkatkan mutu suatu hal yang
menarik minat dan penting bagi peneliti.
- Tindakan
yaitu menunjuk pada sesuatu objek kegiatan yang sengaja dilakukan dengan
tujuan tertentu. Dalam penelitian bebbentuk rangkaian siklus kegiatan
untuk siswa.
- Kelas
adalah sekelompok siswa yang dalam waktu yang sama, menerima pelajaran
yang sama dari guru yang sma pula.
Menurut Aqib (2014: 3), Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh
guru di kelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki
kinerjanyasehingga hasil belajar siswa meningkat.
B. Rencana Dan Pelaksanaan PTK
Dalam proses perencanaan PTK guru harus
berkolaborasi dengan sejawat melalui diskusi untuk membahas bahasa apa yang
akan dipakai dalam menganalisis dan meningkatkan pemahaman dan tindakan dalam
kelas. Rencana PTK hendaknya disusun berdasarkan hasil pengamatan awal refleksi
terhadap pembelajaran kelas. Rencana tindakan hendaknya memuat informasi
tentang hal-hal diantaranya yakni :
1.
Menentukan materi yang akan di PTK-kan
2.
Pemilihan metode belajar yang akan
digunakan
3.
Apa yang diperlukan untuk
menentukan kemungkinan terpecahnya masalah yang telah dirumuskan
4.
Menentukan alat dan teknik yang
diperlukan untuk mengumpulkan bukti atau data
5.
Rencana perekaman atau pencatatan
data dan pengolahannya
6.
Rencana untuk melaksanakan
tindakan dan evaluasi hasilnya
Pelaksanaan tindakan hendaknya dituntun oleh
rencana PTK yang telah dibuat, tetapi perlu diingat bahwa tindakan itu tidak
secara mutlak dikendalikan oleh rencana, mengingat dinamika proses pembelajaran
dikelas menuntut penyesuaiain atau adaptasi. Oleh karena itu guru perlu
bersikap fleksibel dan siap mengubah rencana tindakan sesuai dengan keadaan
yang ada. Fleksibelitas hendaknya menjiwai pelaksanaan PTK, artinya jika
sesuatu dalam PBM memerlukan perubahan dalam rangka tercapainya peningkatan
atau perbaikan mutu pembelajaran. Pada saat tindakan dilaksanakan itulah
pengumpulan data dilaksanakan. Pelaksanaan tindakan dalam PTK meliputi :
1.
Perencanaan (planning) tindakan
meliputi :
─
Semua langkah-langkah tindakan
secara rinci
─
Segala keperluan pelaksanaan PTK
(materi atau bahan ajar, metode mengajar, serta teknik dan instrumen observasi)
─
Perkiraan kendala yang mungkin
timbul pada pelaksanaan
2.
Pelaksanaan (acting)
tindakan : Raelisasi dari teori dan teknik mengajar serta tindakan (treatment)
yang sudah direncanakan sebelumnya
3.
Pengamatan tindakan
(pengumpulan data dan informasi). Dalam pengamatan atau observasi harus mengacu
pada instrumen yng sudah dibuat dan dimungkinkan dilibatkan pengamat dari luar.
Aspek yang diamati dalam PTK adalah :
─
Proses tindakannya
─
Pengaruh tindakan (baik
yang disengaja maupun yang tidak disengaja)
─
Keadaan dan kendala
tindakan
─
Bagaiman keadaan dan
kendala tersebut menghambat atau mempermudah tindakan yang telah direncanakan
dan pengaruhnya
─
Persoalan lain yang
timbul selam kegiatan PTK berlangsung. Data penelitian tindakan berfungsi
sebagi landasan untuk melakukan refleksi.
4.
Refleksi (reflecting)
terhadap tindakan, yang meliputi :
a)
Data yang didapat
dianalisis
b)
Dalam analisis dapat
melibatkan orang luar
c)
Menarik kesimpulan atau
Mengolah dan Menafsirkan Data
Mengolah dan
menafsirkan data dilakukan melalui kegiatan refleksi. Refleksi dilakukan dengan
kegiatan :
1) Melakukan
evaluasi tindakan yang telah dilakukan dalam pembelajaran
2) Melakukan
pertemuan untuk membahas hasil evaluasi tindakan dan skanario pembelajarn yang
telah dilakukan
3) Memperbaiki
pelaksaan tindakan sesuai hasil evaluasi yang nantinya akan digunakan pada
siklus berikutnya.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menarik
kesimpulan atau pengolahan dan penafsiran data adalah sebagai brikut :
1) Data
yang terkumpul melalui pengamatan dianalisis
2) Data
tersebut tentang perubahan periaku, sikap, motivasi, dan hasil belajar siswa
melalui tes maupun catatan terhadap pelaksanaan PBM yang dilakukan oleh guru
3) Dta
tersebut kemudian diinterpretasikan dalam bentuk narasi (deskriptif) kualitatif
4) Data
bisa ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik
5) Analisis
Data
C. Pengumpulan Dan Analisis Data
Analisis data diwakili oleh momen refleksi
putaran penilaian tindakan kelas. Dengan melakukan refleksi peneliti akan
memiliki wawasan autentik yang akan membenatu dalam menafsirkan datanya. Dalam
menganalisis data yang kompleks peneliti menggunakan teknis analisis
kualitatif, yang salah satu modelnya adalah teknik analisis interakstif yang
dikembangkan oleh Miles dan Huberman (1984). Analisis interaktif tersebut
terdiri dari tiga komponen kegiatan yang salin terkait satu sama lain:
1. Reduksi
data yaitu proses menyeleksi, menentukan fokus, menyederhanakan, meringkas dan
mengubah bentuk data mentah yang ada dalam catatan lapangan.
2. Beberan
(display) data, data yang siap dibeberkan, artinya tahap analisis sampai pada
pembeberan data.
3. Penarikan
kesimpulan, tentang peningkatan atau perubahan yang terjadi dilakukan secaa
bertahap mulai dari kesimpulan sementara yang ditarik pada akhir siklus atau
kesimpulan terevisi pada akhr siklus dua dan seterusnya dan kesimpulan terakhir
pada siklus terakhir.
4. Validasi
Data dan Kredibilitas Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Suatu penelitian termasuk PTK yang baik dan
terpercaya adalah penelitian yang dilakukan dengan mengikuti kaida-kaidah
ilmiah dan metodelogi yang sesuai dengan standar ilmiah. Validasi disini
menunjukkan pada derajat keterpercayaan terhadap proses dan hasil PTK sedangkan
reliabilitas menunjukkan pada sejauh mana kajian dapatdireplikasi, artinya
apakah seorang peneliti dengan menggunakan metode yag sama akan mendapatkan
hasil yang sama seperti kajian terdahulu.
Penilaian kualitatif termasuk PTK dikatakan
akurat dan dapat dipercaya dilihat dari standar kualitas tertentu. Howe dan
Eisenhardt (1990) dalam Ceswel (1998) menyatakan ada lima standar, yaitu
sebagai berikut :
- Penilaian kajian terutama
diarahkan kepada apakah pertanyaan penelitian mendorong dilakukannnya
pengumpulan data dan analisisnya, dan bukan sebaliknya.
- Penilaian ditunjukkan kepada
apakah pengumpulan data anaisisnya secara tekns dilakukan dengan kompeten.
- Penilaian mempertanyakan
apakah peneliti menyusun asumsi-asumsinya secara eksplisit, termasuk
subjektivitas peneliti.
- Penilaian juga perlu diarahkan
kepada apakah kajian itu cukup tegar, dengan menggunakan eksplanasi yang
berdasar kepada teori-teori yang diakuai serta mendiskusikan eksplanasi
mengapa teeori-teori tertentu ditolak.
- Penilaian seharusnya memiliki
“nilai” dengan tujuan untk meningkatkan keterampilan peneliti.
Hasil analisis data dilaporkan secara tertulis
dan hendaknya mencakup ulasan lengkap tenang pelaksanaan tindakan yang telah
direncanakan bersama pelaksanaan pemantauannya serta perubahan yang terjadi
dalam proses belajar mengajar. Laporan hasil PTK disusun untuk
pertanggungjawaban si peneliti kepada tempat peneliti bertugas.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Menurut Aqib (2014: 3), Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh
guru di kelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki
kinerjanyasehingga hasil belajar siswa meningkat. Pelaksanaan tindakan dalam
PTK meliputi Perencanaan (planning), Pelaksanaan (acting) tindakan, Pengamatan
tindakan (pengumpulan data dan informasi) dan Refleksi (reflecting) terhadap
tindakan.
Analisis data diwakili oleh momen refleksi
putaran penilaian tindakan kelas. Dengan melakukan refleksi peneliti akan
memiliki wawasan autentik yang akan membenatu dalam menafsirkan datanya. Analisis
interaktif tersebut terdiri dari tiga komponen kegiatan yang salin terkait satu
sama lain:
1. Reduksi
data yaitu proses menyeleksi, menentukan fokus, menyederhanakan, meringkas dan
mengubah bentuk data mentah yang ada dalam catatan lapangan.
2. Beberan
(display) data, data yang siap dibeberkan, artinya tahap analisis sampai pada
pembeberan data.
3. Penarikan
kesimpulan, tentang peningkatan atau perubahan yang terjadi dilakukan secaa
bertahap mulai dari kesimpulan sementara yang ditarik pada akhir siklus atau
kesimpulan terevisi pada akhr siklus dua dan seterusnya dan kesimpulan terakhir
pada siklus terakhir.
4. Validasi
Data dan Kredibilitas Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
B. Saran
Dalam penulisan makalah ini, penulis menyadari masih
banyak kekurangan-kekurangan penulis, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan
saran dari Dosen pembimbing dan mahasiswa guna kesempurnaan penulis di masa
yang akan datang.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Aqib, Zainal. 2014. Penelitian Tindakan
Kelas Untuk Guru SMP, SMA, SMK. Bandung: Yrama Widya.
Kunandar. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:
Raja Grafindo Persada.
http://andikristanto.blog.uns.ac.id/2010/05/25/langkah-langkah-ptk/

Tidak ada komentar:
Posting Komentar