MAKALAH LANGKAH-LANGKAH PTK : Rencana dan Pelaksanaan PTK & Pengumpulan dan Analisis Data : MK: Sistem Evaluasi Pembelajaran PAI


MAKALAH
LANGKAH-LANGKAH PTK :
(Rencana dan Pelaksanaan PTK & Pengumpulan dan Analisis Data)

Diajukan untuk Memenuhi Tugas
Mata Kuliah     : Sistem  Evaluasi  Pembelajaran  PAI
Dosen              : Yessi  Mumtazah  El-Dziesyah,  M. Pd.I

 



Disusun Oleh Kel. 3 :
1.       Siti Ruchamah
2.       Asrori
3.       Hamid
4.       Afifah
5.       A. Bashir

     Jurusan   : Tarbiyah
  Semester    : VI ( Enam )




S T A I M A
( Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly )
Jl. KH. Masduqie Aly Kasab Babakan Ciwaringin Cirebon





KATA PENGANTAR

Bissmillahirohmanirrohim...
Alhamdulillah Puji syukur kepada allah SWT  yang telah memberikan kesempatan dan kesehatan dalam menyelesaikan tugas ini. Makalah ini di susun berdasarkan  panduan dan bimbingan dosen yang terkait, yang di dalamnya membahas mengenai “Langkah-Langkah PTK : (Rencana dan Pelaksanaan PTK & Pengumpulan dan Analisis Data)” dan hal-hal yang masih terkait dengan materi.
Penyusun berterima kasih kepada semua pihak terkait terutama dosen pembimbing yang sekaligus sebagai dosen pemberi materi yang telah berperan penting dalam penyusunan tugas ini. Makalah ini merupakan kajian bagi mahasiswa dengan program pembahasan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mengenai “Langkah-Langkah PTK : (Rencana dan Pelaksanaan PTK & Pengumpulan dan Analisis Data) Dalam kajiannya mahasiswa di harapkan mampu memahami dan menguasai materi ini.
   Dalam penyusunan Makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, sehingga masih perlu adanya penyempurnaan. Oleh karena itu, penyusun sangat mengharapkan keritik dan saran dari yang membangun dari berbagai pihak seperti dosen selaku pembimbngin agar menjadi lebih baik.


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ...................................................................................................... i
DAFTAR ISI ................................................................................................................... ii
BAB I      PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang ....................................................................................... 1
B.     Rumusan Masalah ................................................................................... 1
C.     Tujuan ..................................................................................................... 1

BAB II    PEMBAHASAN
A.    Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) ........................................... 2
B.     Rencana Pelaksanaan Ptk ....................................................................... 3
C.     Pengumpulan Dan Anaisis Data ............................................................. 4

BAB III   PENUTUP
A.    Kesimpulan  ............................................................................................ 7
B.     Saran ....................................................................................................... 7

DAFTAR PUSTAKA .............................................................................................. ....... 8





BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam bidang pendidikan, khususnya kegiatan pembelajaran, berkembang sebagai suatu penelitian terapan. PTK sangat bermanfaat bagi tenaga pendidik (guru) untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran di kelas. Dengan melaksanakan tahapan PTK guru dapat menemukan solusi dari masalah yang timbul di kelasnya sendiri, bukan kelas orang lain, dengan menerapkan berbagai ragam teori dan teknik pembelajaran yang relevan  secara kreatif.
Masalah proses pembelajaran di kelas dapat dicari solusi atau jalan keluar melalui Penelitian Tindakan Kelas sebagai upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran, sehingga proses pembelajaran di kelas berlangsung kreatif, inovatif dan hasil belajar dapat diwujudkan secara ilmiah yaitu, rasional, sistematis dan empiris. Agar Penelitian Tindakan Kelas dapat dilaksanakan dengan baik, tentu saja kita perlu menyamakan persepsi apa saja karakteristik, langkah-langkah dan prosedur yang dimiliki PTK karena penelitian tindakan kelas ini memiliki karakteristik yang relative agak berbeda jika dibandingkan dengan jenis penelitian yang lain, misalnya penelitian eksperimen, survey, analisis isi dan sebagainya.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas maka secara garis besar masalah yang di angkat didalam makalah ini dapat dirumuskan sebagai berikut:
  1. Apa pengertian dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
  2. Bagaimana Rencana dan Pelaksanaan dalam melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)?
  3. Bagaimana Pengumpulan dan Analisis Penelitian Tindakan Kelas (PTK)?

C.    Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah diatas, Makalah ini bertujuan untuk:
  1. Memahami Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
  2. Mengetahui Rencana dan Pelaksanaan dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
  3. Mengetahui Cara Pengumpulan dan Analisis Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Pada awalnya penelitian tindakan menjadi salah satu model penelitian yang dilakukan pada bidang pekerjaan tertentu dimana peneliti melakukan pekerjaannya, baik di bidang pendidikan, kesehatan maupun pengelolaan sumber daya manusia. Salah satu contoh pekerjaan utama dalam bidang pendidikan adalah mengajar di kelas, menangani bimbingan dan konseling, dan mengelola sekolah. Dengan demikian yang menjadi subyek penelitian adalah situasi di kelas, individu siswa atau di sekolah. Para guru atau kepala sekolah dapat melakukan kegiatan penelitiannya tanpa harus pergi ke tempat lain seperti para peneliti konvensional pada umumnya.
Secara lebih luas penelitian tindakan diartikan sebagai penelitian yang berorientasi pada penerapan tindakan dengan tujuan peningkatan mutu atau pemecahan masalah pada sekelompok subyek yang diteliti dan mengamati tingkat keberhasilan atau akibat tindakannya, untuk kemudian diberikan tindakan lanjutan yang bersifat penyempurnaan tindakan atau penyesuaian dengan kondisi dan situasi sehingga diperoleh hasil yang lebih baik.
Menurut Arikunto (2008 :2 ), istilah dalam bahasa inggris dalah Classroom Action Research (CAR). Dari namanya sudah menunjukkkan isi yang terkandung di dalamnya, yaitu sebuah kegiatan penelitian yang di lakukan di kelas. Di karenakan ada tiga kata yang membentuk pengertian tersebut, maka ada tiga pengertian yang dapat di terangkan.
  1. Penelitian yaitu menunjuk pada suatu kegiatan mencermati suatu objek dengan menggunakan cara dan aturan metodologi tertentu untuk memperoleh data atauinformasi yang bermanfaat dalam meningkatkan mutu suatu hal yang menarik minat dan penting bagi peneliti.
  2. Tindakan yaitu menunjuk pada sesuatu objek kegiatan yang sengaja dilakukan dengan tujuan tertentu. Dalam penelitian bebbentuk rangkaian siklus kegiatan untuk siswa.
  3. Kelas adalah sekelompok siswa yang dalam waktu yang sama, menerima pelajaran yang sama dari guru yang sma pula.

Menurut Aqib (2014: 3), Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanyasehingga hasil belajar siswa meningkat.
B.     Rencana Dan Pelaksanaan PTK
Dalam proses perencanaan PTK guru harus berkolaborasi dengan sejawat melalui diskusi untuk membahas bahasa apa yang akan dipakai dalam menganalisis dan meningkatkan pemahaman dan tindakan dalam kelas. Rencana PTK hendaknya disusun berdasarkan hasil pengamatan awal refleksi terhadap pembelajaran kelas. Rencana tindakan hendaknya memuat informasi tentang hal-hal diantaranya yakni :
1.      Menentukan materi yang akan di PTK-kan
2.      Pemilihan metode belajar yang akan digunakan
3.      Apa yang diperlukan untuk menentukan kemungkinan terpecahnya masalah yang telah dirumuskan
4.      Menentukan alat dan teknik yang diperlukan untuk mengumpulkan bukti atau data
5.      Rencana perekaman atau pencatatan data dan pengolahannya
6.      Rencana untuk melaksanakan tindakan dan evaluasi hasilnya

Pelaksanaan tindakan hendaknya dituntun oleh rencana PTK yang telah dibuat, tetapi perlu diingat bahwa tindakan itu tidak secara mutlak dikendalikan oleh rencana, mengingat dinamika proses pembelajaran dikelas menuntut penyesuaiain atau adaptasi. Oleh karena itu guru perlu bersikap fleksibel dan siap mengubah rencana tindakan sesuai dengan keadaan yang ada. Fleksibelitas hendaknya menjiwai pelaksanaan PTK, artinya jika sesuatu dalam PBM memerlukan perubahan dalam rangka tercapainya peningkatan atau perbaikan mutu pembelajaran. Pada saat tindakan dilaksanakan itulah pengumpulan data dilaksanakan. Pelaksanaan tindakan dalam PTK meliputi :
1.      Perencanaan (planning) tindakan meliputi :
       Semua langkah-langkah tindakan secara rinci
       Segala keperluan pelaksanaan PTK (materi atau bahan ajar, metode mengajar, serta teknik dan instrumen observasi)
       Perkiraan kendala yang mungkin timbul pada pelaksanaan
2.    Pelaksanaan (acting) tindakan : Raelisasi dari teori dan teknik mengajar serta tindakan (treatment) yang sudah direncanakan sebelumnya
3.    Pengamatan tindakan (pengumpulan data dan informasi). Dalam pengamatan atau observasi harus mengacu pada instrumen yng sudah dibuat dan dimungkinkan dilibatkan pengamat dari luar. Aspek yang diamati dalam PTK adalah :
        Proses tindakannya
        Pengaruh tindakan (baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja)
        Keadaan dan kendala tindakan
        Bagaiman keadaan dan kendala tersebut menghambat atau mempermudah tindakan yang telah direncanakan dan pengaruhnya
        Persoalan lain yang timbul selam kegiatan PTK berlangsung. Data penelitian tindakan berfungsi sebagi landasan untuk melakukan refleksi.
4.    Refleksi (reflecting) terhadap tindakan, yang meliputi :
a)       Data yang didapat dianalisis
b)       Dalam analisis dapat melibatkan orang luar
c)       Menarik kesimpulan atau Mengolah dan Menafsirkan Data

Mengolah dan menafsirkan data dilakukan melalui kegiatan refleksi. Refleksi dilakukan dengan kegiatan :
1)      Melakukan evaluasi tindakan yang telah dilakukan dalam pembelajaran
2)      Melakukan pertemuan untuk membahas hasil evaluasi tindakan dan skanario pembelajarn yang telah dilakukan
3)      Memperbaiki pelaksaan tindakan sesuai hasil evaluasi yang nantinya akan digunakan pada siklus berikutnya.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menarik kesimpulan atau pengolahan dan penafsiran data adalah sebagai brikut :
1)      Data yang terkumpul melalui pengamatan dianalisis
2)      Data tersebut tentang perubahan periaku, sikap, motivasi, dan hasil belajar siswa melalui tes maupun catatan terhadap pelaksanaan PBM yang dilakukan oleh guru
3)      Dta tersebut kemudian diinterpretasikan dalam bentuk narasi (deskriptif) kualitatif
4)      Data bisa ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik
5)      Analisis Data

C.    Pengumpulan Dan Analisis Data
Analisis data diwakili oleh momen refleksi putaran penilaian tindakan kelas. Dengan melakukan refleksi peneliti akan memiliki wawasan autentik yang akan membenatu dalam menafsirkan datanya. Dalam menganalisis data yang kompleks peneliti menggunakan teknis analisis kualitatif, yang salah satu modelnya adalah teknik analisis interakstif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman (1984). Analisis interaktif tersebut terdiri dari tiga komponen kegiatan yang salin terkait satu sama lain:
1.      Reduksi data yaitu proses menyeleksi, menentukan fokus, menyederhanakan, meringkas dan mengubah bentuk data mentah yang ada dalam catatan lapangan.
2.      Beberan (display) data, data yang siap dibeberkan, artinya tahap analisis sampai pada pembeberan data.
3.      Penarikan kesimpulan, tentang peningkatan atau perubahan yang terjadi dilakukan secaa bertahap mulai dari kesimpulan sementara yang ditarik pada akhir siklus atau kesimpulan terevisi pada akhr siklus dua dan seterusnya dan kesimpulan terakhir pada siklus terakhir.
4.      Validasi Data dan Kredibilitas Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Suatu penelitian termasuk PTK yang baik dan terpercaya adalah penelitian yang dilakukan dengan mengikuti kaida-kaidah ilmiah dan metodelogi yang sesuai dengan standar ilmiah. Validasi disini menunjukkan pada derajat keterpercayaan terhadap proses dan hasil PTK sedangkan reliabilitas menunjukkan pada sejauh mana kajian dapatdireplikasi, artinya apakah seorang peneliti dengan menggunakan metode yag sama akan mendapatkan hasil yang sama seperti kajian terdahulu.
Penilaian kualitatif termasuk PTK dikatakan akurat dan dapat dipercaya dilihat dari standar kualitas tertentu. Howe dan Eisenhardt (1990) dalam Ceswel (1998) menyatakan ada lima standar, yaitu sebagai berikut :
  1. Penilaian kajian terutama diarahkan kepada apakah pertanyaan penelitian mendorong dilakukannnya pengumpulan data dan analisisnya, dan bukan sebaliknya.
  2. Penilaian ditunjukkan kepada apakah pengumpulan data anaisisnya secara tekns dilakukan dengan kompeten.
  3. Penilaian mempertanyakan apakah peneliti menyusun asumsi-asumsinya secara eksplisit, termasuk subjektivitas peneliti.
  4. Penilaian juga perlu diarahkan kepada apakah kajian itu cukup tegar, dengan menggunakan eksplanasi yang berdasar kepada teori-teori yang diakuai serta mendiskusikan eksplanasi mengapa teeori-teori tertentu ditolak.
  5. Penilaian seharusnya memiliki “nilai” dengan tujuan untk meningkatkan keterampilan peneliti.
Hasil analisis data dilaporkan secara tertulis dan hendaknya mencakup ulasan lengkap tenang pelaksanaan tindakan yang telah direncanakan bersama pelaksanaan pemantauannya serta perubahan yang terjadi dalam proses belajar mengajar. Laporan hasil PTK disusun untuk pertanggungjawaban si peneliti kepada tempat peneliti bertugas.


BAB III
PENUTUP
A.  Kesimpulan
Menurut Aqib (2014: 3), Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanyasehingga hasil belajar siswa meningkat. Pelaksanaan tindakan dalam PTK meliputi Perencanaan (planning), Pelaksanaan (acting) tindakan, Pengamatan tindakan (pengumpulan data dan informasi) dan Refleksi (reflecting) terhadap tindakan.
Analisis data diwakili oleh momen refleksi putaran penilaian tindakan kelas. Dengan melakukan refleksi peneliti akan memiliki wawasan autentik yang akan membenatu dalam menafsirkan datanya. Analisis interaktif tersebut terdiri dari tiga komponen kegiatan yang salin terkait satu sama lain:
1.      Reduksi data yaitu proses menyeleksi, menentukan fokus, menyederhanakan, meringkas dan mengubah bentuk data mentah yang ada dalam catatan lapangan.
2.      Beberan (display) data, data yang siap dibeberkan, artinya tahap analisis sampai pada pembeberan data.
3.      Penarikan kesimpulan, tentang peningkatan atau perubahan yang terjadi dilakukan secaa bertahap mulai dari kesimpulan sementara yang ditarik pada akhir siklus atau kesimpulan terevisi pada akhr siklus dua dan seterusnya dan kesimpulan terakhir pada siklus terakhir.
4.      Validasi Data dan Kredibilitas Penelitian Tindakan Kelas (PTK)


B. Saran
Dalam penulisan makalah ini, penulis menyadari masih banyak kekurangan-kekurangan penulis, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari Dosen pembimbing dan mahasiswa guna kesempurnaan penulis di masa yang akan datang.


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Aqib, Zainal. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SMP, SMA, SMK. Bandung: Yrama Widya.
Kunandar. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
http://andikristanto.blog.uns.ac.id/2010/05/25/langkah-langkah-ptk/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lirik Lahu Sholawatan Antal Amin (Robbi Kholaq Toha Minnur) dengan tulisan arab dan indonesia

Antal Amin (Robbi Kholaq Toha Minnur) robbi kholaq tohaminnur, fihihtirom 2x nadahu akbil ya mukhtar, antal amin 2x lam...